Evaluasi Pra Perpanjangan Izin, KPID Sumbar Minta SCTV Padang Tayangkan Program Lokal Yang Bervariatif Dan ILM Berbasis Lokal

Padang - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatra Barat telah melakukan Evaluasi Program Siaran kepada PT. Surya Citra Visi Media atau yang biasa kenal SCTV Padang.

Pada Evaluasi Program Siaran  senin  3 April 2021 tersebut diikuti oleh ketua Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang, Wakil Ketua KPID Sumbar Yumi Ariyati, Komisioner Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (Perizinan) Andres, Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran Robert Cenedy dan Ardian, Komisioner Bidang Kelembagaan Mardhatillah dan Jimmi Syah Putra Ginting, Serta di hadiri juga dari pihak SCTV Rachmat Akbari (Direktur), Banardi Rachmat (VP Programming),Doni Arianto (Programming Planning and Scheduling), Gilang Iskandar (Corporate Secretary),M. Aminuddin (Head of Broadcast Licensing) ,Dede Sugiarto (Manager Teknik Wilayah Barat), Suryadi (Teknik),Lita Haryani (News),Lewi Satria Pradana (Broadcast of Licensing Officer) dan Deni Yovendra (Kepala Stasiun) 

Dalam kesempatan ini, KPID Sumbar menghimbau SCTV Padang agar berkomitmen penuh dalam konten siaran lokal 10% dari jam tayang perhari. Menayangkan program lokal yang bervariatif  dan tidak sering melakukan pengulangan tayangan, serta menayangkan program Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berbasis lokal.

Robert Cenedy selalu komisioner bidang pengawasan isi siaran  SCTV  padang terkait penilaiannya tentang program lokalnya cenderung naik turun. Kebanyakan tayanganya selalu berulang ulang dan untuk program religi tidak ada menayangkan  yang benar-benar konten lokal serta progam tentang budaya lokal juga rendah.

Ardian memberikan saran agar SCTV Padang agar membuka peluang  kepada pemda/pemkot untuk melakukan kerjasama terkait promosi daerah-daerah melalui program televisi

“untuk SCTV Padang agar lebih hati-hati dalam menayangkan siaran dari youtube karena di youtube tidak berlaku peraturan buku p3sps, p3sps ini berlaku bagi lembaga penyiaran.” Pungkasnya

Wakil ketua KPID Sumbar Yumi Ariyati meminta SCTV Padang agar mengangkat film tentang kedaerahan Sumatera Barat dan memperdayakan konten lokal yang ada diSumbar.

Tanggapan dari komisioner KPID Sumbar dinilai positif dari pihak SCTV Padang agar terus meningkatkan program lokal 10%, serta memperbaharui konten dan program siaran lainnya.

.