Di Forum Evaluasi Siaran, KPID Sumbar Minta Trans TV Padang Tingkatkan Program Lokal Dan Iklan Layanan Masyarakat

Padang - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatra Barat telah melakukan Evaluasi Program Siaran kepada Trans TV Padang Pekanbaru. ( 28/4) 

Evaluasi Program Siaran ini diikuti oleh ketua Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang, Wakil Ketua KPID Sumbar Yumi Ariyati, Komisioner Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (Perizinan) Andres, Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran Robert Cenedy dan Ardian, Komisioner Bidang Kelembagaan Mardhatillah dan Jimmi Syah Putra Ginting, Staf  KPID Sumbar Yosi dan Rama serta Oktarevilah Kepala Transmisi Padang, Teddy iriawan  Programming, Gita sucia Corporat Secretay, dan yang melalui meeting zoom Latif Harnoko Direktur, Freddy Melmambessy Corporate Secretary, Wawan Julianto Penanggung Jawab Teknis, Lucy Tresnasari Legal, Aries Kusmawan Perizinan, Dedy Prastowo Teknis, Yasser Arafat Perizinan. 

Dalam evaluasi ini, KPID Sumbar menghimbau Trans TV Padang agar meningkatkan produksi siaran konten lokal yang lebih bervariatif dan meningkatkan tayangan lokal pada jam Prime time 30% yang telah ditentukan oleh KPI Pusat, serta meningkatkan program Ikan Layanan Masyarakat (ILM) berbasis lokal untuk dapat mengedukasi masyarakat khususnya masyarakat Sumbar.

Robert mengatakan Trans TV mengalami penurunan pada tahun 2021 sebanyak 9%.

Lanjut Robert menjelaskan "Untuk jam tayang sebaiknya di ubah ke jam Prime time, dan untuk pengulangan program siaran hanya bisa dilakukan 2 kali dalam sebulan, serta untuk ILM di harapkan ada pembaharuan". 

Menurut Ardian, Dalam meningkatkan program lokal dibutuhkan produksi konten lokal yang menggunakan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal seperti tamatan SMK, Broadcast, atau Politeknik dan Komunikasi tersedia di Sumbar. 

Begitupun menurut Yumi, diharapkan ada produksi lokal, bukan produksi nasional yang ditayangkan di program lokal, salah satunya bisa dengan diadakan Talkshow di studio untuk penambahan program. 

Selain pengembangan dari program lokal bebasis Feature. konten lokal lainnya seperti pendidikan, Program Anak, Religi dan berita di harapkan ada peningkatan. 

Hal tersebut pun disambut baik oleh Trans TV Padang Pekanbaru untuk memperbaiki konten-konten lokal dan melakukan kerjasama dengan SDM Lokal/Kampus. 

Sehingga akan ada peningkatan konten 10% kedepannya. 

.