Spesial Talkshow Edukasi Covid-19 : Kesiapan Pemerintah Daerah Menghadapi New Normal

Padang Aro - KPID Sumbar kembali melaksanakan kegiatan talkshow edukasi Covid-19 yang disiarkan langsung oleh Lembaga Penyiaran (LP) Radio Teman Sejati di Solok Selatan Sabtu 25 Juli 2020 Kemarin.dengan tema "Kesiapan Pemerintah Daerah Menghadapi New Normal".

" lembaga penyiaran harus bisa memfilter pemberitaan yang masuk seperti berita Hoax yang terjadi di tengah pandemi covid-19 saat ini" Terang Robert Cenedy selaku Komisioner isi siaran KPID Sumatera barat.

Hal tersebut disampaikan Robert dalam acara Special Talkshow yang dilakukan di Radio Teman Sejati bersama dengan Fidel Efendi selaku Asisten 1 Plt. Bupati Solok Selatan serta Syamsurizaldi yang merupakan akademisi Koordinator Prodi Magister Adnimistrasi Publik. dengan tema talkshow yang diangkat Kesiapan Pemerintah Daerah Menghadapi New Normal.  Sabtu, 25 Juli 2020

Peran lembaga penyiaran selaku media diharapkan, pertama, mampu membimbing masyarakat atau kelompok sasaran yg beraktivitas agar selamat dalam memasuki new normal, kedua, media menjadi 'Clearence house' bekerja sama dengan pemerintah daerah yg telah melakukan analisis hoax, ketiga menjalankan peran media untuk kepentingan pertama dan kedua tadi dengan membentuk program sendiri (Covid corner) seperti iklan layanan masyarakat atau memasukkan dalam program yg sudah ada.

Dalam kesempatan ini robert menyampaikan, Media juga harus bisa untuk memfilter berita yang tersebar
"Lembaga penyiaran harus menjadi pusat informasi yang valid, sehingga dapat mengurangi hoax ditengah masyarakat lewat media sosial, selanjutnya menyiarkan informasi yg dapat membangun optimisme, motivasi dan memberikan solusi pada masa pandemi ini bisa dengan cara membuat edukasi yang menarik, sehingga masyarakat tertarik dan meniru apa yang di sampaikan" ungkap Robert

Menurut Robert ada 2 elemen yang harus disikapi dalam Lembaga penyiaran (LP) yaitu, Mau menerima informasi dan selalu mengkampanyekan Perihal Covid-19 agar masyarakat selalu ingat untuk menjaga kebersihan serta melindungi diri sendiri dari Covid-19.

Ditinjau dari kesiapan pemerintah daerah Solok Selatan, Fidel mengatakan " walaupun sudah masuk era New Normal, masyarakat tetap harus berhati-berhati" ungkap Fidel

upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam menghadapi New Normal yaitu, mempersiapkan sekolah tatap muka, tempat cuci tangan di pusat keramaian, memberikan edukasi untuk pakai masker kepada Pelajar dan mematuhi protokol kesehatan serta kebersihan lingkungan yang sudah tertata baik di setiap sekolah.

Pemerintah daerah Solok Selatan ikut turut menyemangati Perekonomian UMKM dengan melakukan pembinaan edukasi kepada pelaku UMKM serta melakukan persaingan yang baik, pemda juga akan mengalokasikan modal kepada UMKM yang berada di Solok Selatan.

Syamsurizaldi menambahkan "pemerintah harus punya cara untuk mendapatkan informasi valid tentang siapa-siapa saja yang rentan dengan kondisi new normal, harus ada kesiapan satgas di perbatasan serta logistik yang mencukupi dan jauh lebih penting edukasi.

menurut syamsurizaldi yang menjadi penting juga tingkatkan disiplin agar lebih cepat pergerakan new normal menjadi lebih baik, jaga kesehatan dan harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

.